Tips Sederhana Memperbaiki Speaker Aktif Supaya Tetap Awet

Tips sederhana memperbaiki speaker aktif biar tetap infinit - Pernah beberapa kali memperbaiki speaker aktif yang cepat rusak, terutama pada power amplfier nya. Sehingga, ini menjadikan efek yang kurang baik dari dapat dipercaya teknisi elektronik jikalau servisan kita cepat rusak. Oleh alasannya itu saya pun mencari cara biar ketika memeperbaiki sepaeker aktif itu, infinit tahan banting heheh.

Tips sederhana memperbaiki speaker aktif biar tetap infinit  Tips Sederhana Memperbaiki Speaker Aktif biar Tetap AWET

Berikut ini akan saya shere kepada rekan semuanya beberapa pengalaman yang saya lakukan yang gampang mudahan bisa bermanfaat ketika mengalmai permasalahan yang sama. yaitu speaker aktif yang rewel. Daripada nanti balik ada komplain dari user lebih baik jikalau digarap dengan penuh kualitas, meskipun harga yang dibayar memang agak mahal.

TRANSISTOR FINAL JEBOL TERUS

Pertama yang paling sering rewel yaitu speaker aktif yang memakai ampllifier jenis ocl 150 pada transistor selesai memakai tr 41 42. kebanyakan kerusakan sering terjadi pada transistor selesai lantaran bnayak faktor. contohnya lantaran kerja transistor panas tidak dibarengi pendingin yang sesuai. Sehingga transistor akan gampang sekali jebol.

Fakta yang pernah saya alami atau rekan sekalian juga pernah alami mungkin, ketika mengganti transistor selesai dengan tipe yang sama akan menbalami jebol lagi sesudah berselang beberapa bulan atau bahka beberapa hari. Nah untuk menangani hal ini yang kita butuhkan yaitu solusi bagaimana biar transistor selesai tetap kokoh meski dipakai pada level power full.

1.Menggunakan tranistor yang asli.

2.menggunakan heatsing/pendingin yang lebih besar.

3.Jika perlu gunakan trnasistor selesai dengan daya yang lebih tinggi biar tetap kokoh dihajar level power full.

4.Ganti transistor driver jikalau ingin memakai transistor dengan daya yang lebih besar. Misalnya:

Bawaan transistor selesai memakai tip 41 42,dan ingin mengganti dengan c5200 sa19… biasanya pada transsitor driver memakai transistor c945 dan a733. maka harus diganti dengan transistor tip 31 32 biar kinerja mengimbangi transistor final.

Kemudian sering juga menemui kerusakan dengan tanda-tanda kadang sesudah diservis tiba-tiba mati. Hal ini saya sering menemui penyebabnya yaitu, kabel yang diguakan terlalu sedikit serabut. sehingga terkena getaran secara terus menerus akan mengkibatkan kabel terputus. Selain itu juga disebabkan oleh kualitas timah yang jelek sehingga soderan terlepas pada kaki komponen.

Penanganan pada permasalahan ini perlunya upgrade pada semua kabel yang lebih besar, kemudian perbarui solderan pada seluruh kaki kompoen. Agar speaker aktif tetap awet.

B. SPEAKER AKTIF IC MUDAH MATI

Kedua terjadi pada speaker aktif yang memakai ic sebagai amplifiernya. Ini seringkali rusak pada potongan ic. Jika dilihat secara seksama memang pada potongan heatsing cukup minim sehingga masuk akal jikalau terjadi kerusakan pada amplifier. Tidak hanya terjadi pada amplifiernya saja namun juga terjadi pada power suplay yang memakai SMPS. Jika memperbaiki smpsnya saja, biasanya akan cepa sekali rusak.

Untuk menangnai kasus speaker aktif dengan jenis ini, lebih simple dari yang memakai ampli ocl 150.

1.Jika ingin infinit pada potongan amplifiernya tambai heatsing.

2.Pada potongan SMPS diganti memakai trafo.

Memang dalam penerapan pada memakai trafo agak lebih ribet namun akan lebih tidak mengecewakan infinit daripada memeperbaiki smps secara normal.

Selain itu, kita wajib memberitahukan penggunaan speaker aktif sesuai dengan normalnya. Misalnya pada satu tragedi ada seorang user bolak-balik ke bengkel saya, lantaran speaker aktif rusak lagi dan lagi ternyata sesudah saya selidiki, user tersebut memakai speaker aktif untuk menyuplay beberapa speaker tambahan. Ya terang gampang sekali cepat rusak wong tidak sesuai dengan kemampuan spesifikasi speaker aktif tersebut.

 Kemudian instruksi pada instalasi, yaitu ketika menyambung speaker jangan hingga kabel out sepeker + terhubung dengan ground. Karena speaker aktif ketika dalam keadaan menyala ketika out spk terhubung ground transistor selesai akan jebol.

Itulah tips biar memperbaiki speaker aktif tetap awet. Semoga bermanfaat!!!